Penyebab Kegagalan Sinkronisasi data PAS ke Server Ditjen Dikmen

Salah satu kendala teknis yang sangat krusial dan banyak terjadi dalam proses pendataan online pendidikan menengah adalah kegagalan dalam proses sinkronisasi.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kegagalan sinkronisasi dan langkah yang harus diambil :

1.  Sekolah masih menggunakan software PAS yang lama. Untuk  itu harus dilakukan upgrade dari software lama ke software yang lebih baru. Misalnya :

a. Untuk PAS SMA versi 5.3 bisa diupgrade dengan melakukan  patching yaitu dari patch 5.3 ke patch 6.0, dari patch 6.0 ke pacth 6.1 dan seterusnya sampe ke patch terakhir, dan SI Integratornya menggunakan versi terbaru.

b. Untuk sekolah yang baru menggunakan PAS dan sinkronisasi data (SI INTEGRATOR), diharapkan menggunakan aplikasi PAS dan SI Integrator versi terbaru.

2.  Sekolah menggunakan proxy server

Untuk menghindari hal itu, maka sekolah harus melakukan hubungan langsung (direct connection) ke jaringan internet yang tidak melalui proxy server.

 3.  Salah satu atau lebih data-entry yang error.

Untuk mengatasi data PTK dan Siswa tidak bisa sinkronisasi dengan sempurna, yang perlu diketahui adalah :

A. Data PTK :

Untuk Data PTK harus sudah dientrikan : Biodata_Pegawai, Riwayat Pangkat dan Riwayat Jabatan secara utuh. Jika  hanya mengentrikan biodata_pegawai saja, misalnya,  maka proses sinkronisasi data PTK tidak akan berhasil.

B. Data Siswa :

Untuk sinkronisasi data siswa, yang perlu dientrikan : Biodata_Siswa kemudian penempatan siswa ke rombel masing-masing.  Jika hanya mengentrikan biodata siswa, maka data siswa tersebut tidak berhasil sinkronisasi.

Jika masih ada kendala silahkan sms/telp. call center pendataan dikmen di nomor 088809113493 – 08889025129 atau email : pendataandikmen@yahoo.com

Categories: Berita Pendidikan

6 Comments

  • MULYAN says:

    gan mengapa katika saya ingin menyingronkan data siswa yang ada di sekolah ke dikmen selalu gagal padahal jumlah siswa laki-laki dan perempuan sudah masuk ke data sekolah tinggal ke dikmen. mohon solusinya gan

    • admin says:

      Coba masuk di Menu 5.3.1, pastikan semua siswa ada dalam form laporan tersebut. Pastikan juga kolom tingkat kelas, program pengajaran dan kelas terisi dengan benar. Jika tidak, mungkin ada langkah yang terlewati antara lain menu 1.3.1.3 program pengajaran, menu 1.3.1.5 rombel, menu 6.1.2, 6.1.3, 6.1.4 dan 6.1.5 kelompok transaksi rutin kesiswaan. Dicoba gan!

    • admin says:

      Jangan lupa sebelum melakukan sinkroninasi, setelah login ke interface service integrator masuk ke munu home -> admin panel. Ganti IP Server yang sebelumnya terisi “pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id” menjadi “203.171.221.242” tanpa tanda kutip, lalu simpan. Selanjutnya lakukan proses sinkronisasi seperti biasa.

  • Lase says:

    gan mau nanya kenapa waktu kita lakukan sinkronisasi yang terkirim cuma satu aja

    mohon bantuan

  • INDRA says:

    gan kalo data alumni yang lalu mw di edit siswa nya gmana gan
    mohon bantuannya

Leave a Reply